Welcome

Selamat datang di blog kami, lewat blog ini saya ingin berbagi berbagai kisah, cerita, maupun saduran dari berberapa milis . Juga beberapa info menarik seputar si "Kulit Bundar" , yang jelas isinya di jamin memberi inspirasi buat kita semua. Akhirnya selamat membaca dan mengambil hikmah yang terkandung didalamnya.

Minggu, 16 September 2012

Boleh Nggak Kiper Futsal Mencetak Gol?

sumber : KiperFutsalPost.net


Mencetak gol menjadi suatu keseharusan bagi seorang penyerang begitu pula dalam olahraga futsal pemain diwajibkan bisa mencetak gol, namun bagaimana jika yang mencetak gol itu seorang kiper?

Dalam futsal yang memiliki lapangan tidak sebesar lapangan sepak bola, hal ini membuat setiap pemain memiliki kesempatan dalam mencetak gol, dan tak terkecuali seorang Kiper Futsal.

Berbagai cara bisa dilakukan oleh seorang Kiper Futsal untuk mencetak gol, ini bisa dijadikan tugas selingan kita, karena TUGAS UTAMA kita tetaplah MENJAGA GAWANG.
Kawan-kawan FusKip bisa mencoba cara dibawah ini untuk mencetak gol.Kita bisa mencetak gol dari berbagai carakonvensional seperti shooting, heading dsb. Namun ada cara yang sering dilakukan kiper futsal, yaitu dengan memanfaatkan lengahnya kiper/pemain belakang lawan, yaitu:


1. Lemparan

Kita cukup melakukan lemparan keras dan kencang ke arah gawang Lawan, dimana biasanya jika kiper lawan lengah mereka akan melalukan gol bunuh diri., entah karena tangkapanya yang lepas atau salah antisipasi hingga bola masuk ke gawang sendiri.
  
2. Bola Mati

Cara lain mencetak gol yang dapat dilakukan oleh seorang kiper futsal adalah dengan memanfaatkan bola-bola mati. Terutama yang 2 kali sentuhan (tidak perlu dijelaskan sudah paham kan Saya paling suka memanfaatkancorner, yaitu dengan maju ke dekat lingkar tengah lapangan lalu, meminta operan kepada kawan yang mengambil tendangancorner yang diikuti dengan tendangan keras ke arah pojok gawang oleh kita.
Cara ini harus sering dibiasakan agar tidak terjadi miskom dilapangan, karena jika pemain lawan sudah mengetahui trik ini, dia akan berusaha menutup jalur passing ke arah kita.


3. Solo Run/Quick Counter

Cara selanjutnya dengan quick counter, yaitu setelah mendapat bola dari open play kita langsung melakukan solo run(menggiring bola/dribbling) dengan cepat ke area lawan. INGAT! Kita hanya bisa menguasai bola selama 4 detik di area sendiri, karenanya sebisa dan secepat mungkin kita harus masuk ke area lawan sebelum wasit meniup peluit, tanda hitungan 4 detik berakhir.
Dengan cara solo run biasanya pemain lawan belum siap untuk mundur yang dimana kita bisa langsung head to head dengan pemain lawan, namun cara ini cukup berbahaya jika bola berhasil direbut oleh lawan, karena gawang kita sudah kosong melompong, karena telah kita tinggalkan.

4. Drop Kick

Cara terakhir untuk mencetak gol yang saya tahu adalah dengan melakukan Drop Kick. Drop Kick adalah teknik menendang langsung ke gawang lawan ketika open play. Yang jadi kendala untuk cara ini adalah jika kita bermain di lapangan yang memiliki jaring penutup atap maka kita harus jeli mengakalai Drop Kick kita agar tidak mengenai jaring atas.


Nah itulah cara-cara yang  seorang kiper futsal bisa lakukan untuk mencetak gol, bagaimana dengan cara kawan-kawan FusKip dalam mencetak gol?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar