Welcome

Selamat datang di blog kami, lewat blog ini saya ingin berbagi berbagai kisah, cerita, maupun saduran dari berberapa milis . Juga beberapa info menarik seputar si "Kulit Bundar" , yang jelas isinya di jamin memberi inspirasi buat kita semua. Akhirnya selamat membaca dan mengambil hikmah yang terkandung didalamnya.

Rabu, 18 September 2013

Formasi Dalam Futsal

Futsal adalah olahraga yang paling banyak digandrungi di Indonesia sekitar 10 tahun terakhir. Agar permainan enak dilihat dan menyenangkan selain tehnik yang kita pelajari, kita juga perlu menerapkan strategi atau formasi. Berikut ini beberapa formasi yang biasa diterapkan dalam Futsal.

Formasi  2-2
formasi dengan 2 pemain belakang dan 2 pemain depan, gunannya adalah untuk penyeimbang permainan. saat menyerang, pemain belakang bisa maju 1 orang untuk membantu serangan, demikian sebaliknya, saat bertahan, 1 orang pemain depan dapat mundur untuk membantu pertahanan. formasi ini banyak digunakan tim saat bermain futsal biasa.

Formasi 1-2-1
formasi dengan 1 pemain belakang, 2 pemain tengah, dan 1 pemain depan. tujuan dari formasi ini adalah untuk menguasai lini tengah lapangan yang berimbas pada kemudahan supply bola dari tengah ke depan dan menghalau serangan dari tengah lapangan.


Formasi 2-1-1
formasi dengan 2 pemain belakang, 1 pemain tengah, dan 1 pemain depan. cukup efektif bagi tim yang memerlukan pertahanan kuat, saat menyerang, pemain bertahan dapat maju ke depan membantu serangan

Formasi 1-1-2
formasi dengan 1 pemain belakang, 1 pemain tengah, 2 pemain depan. cukup efektif bagi tim yang memerlukan penyerangan yang kuat, dan memungkinkan untuk mencetak banyak angka jika diterapkan dengan baik.

Formasi 3-1
formasi dengan 3 pemain belakang, 1 pemain penyerang. Cukup efektif bagi tim yang selalu mengalami tekanan, mungkin akan mendapat pertahanan yang kuat, kekurangan dalam formasi ini pada saat menyerang 1 penyerang harus menunggu supply bola dan cover pemain lain.

Formasi 1-3
formasi dengan 1 pemain belakang, 3 pemain penyerang. Biasa di gunakan saat tim tertinggal atau sedang bebas menyerang, memungkinkan mendapat banyak angka, banyak kekurangan di formasi ini saat tim lawan menyerang balik 1 pemain belakang harus berkerja ekstra menghalau bola.


Sebenarnya tidak ada yang baku dalam formasi futsal mengingat tempat yang tidak terlalu lebar, yang sangat diperlukan adalah mobilitas antar pemain haruslah cukup baik.

Salam Olahraga
By Yono Brahmantoro

* dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar